Merencanakan Liburan di Parapat

Apakah Anda pernah mendengar Parapat? Belum. Kalau Danau Toba? Sering dong. Siapa yang tidak mengetahui salah satu tempat wisata yang terkenal di tanah Batak ini? Nah, Parapat adalah kota yang cantik di tepi teluk Danau Toba. Anda akan membutuhkan waktu sekitar empat jam berkendara dari Medan.

merencanakan-liburan-di-parapatsumber foto: indonesia-tourism.com

Kota ini menjadi persinggahan wisatawan yang melintas di Jalur Lintas Sumatera bagian barat yang menghubungkan kota Medan dan Padang. Selain itu, Anda juga akan melalui Parapat jika hendak menyeberang mengunjungi Pulau Samosir di tengah Danau Toba melalui pelabuhan Ajibata baik dengan kendaraan pribadi maupun umum. Jika tidak, Anda harus memutari tepian Danau Toba sampai dengan Pangururan di mana Pulau Samosir terhubung dengan daratan Pulau Sumatera.

Jika Anda memiliki rencana untuk berlibur di Parapat, jangan risau dengan akomodasinya. Banyak hotel di Parapatan yang akan menyambut kedatangan Anda Anda tinggal memilihnya dan selebihnya larut dalam menikmati udara sejuk Pulau Samosir sambil memandang Danau Toba yang memesona.

merencanakan-liburan-di-parapat-wisatasumber foto: laketoba.info

Beberapa tempat wisata bisa Anda kunjungi selama di Parapat. Di antaranya adalah kawasan Tanjung Sipora-Pora yang di sisi kanan dan kiri jalannya terdapat bangunan dengan arsitektur bergaya Belanda. Sayangnya, kawasan ini tidak cukup terawat namun setidaknya memiliki nilai sejarah masa penjajahan. Anda juga bisa mengunjungi sebuah pesanggrahan kuno yang berdiri di tebing curam dengan pemandangan langsung ke Danau Toba. Pesanggrahan ini menjadi tempat persinggahan Presiden Soekarno bersama Agus Salim dan Sutan Syahrir sebelum diasingkan ke Berastagi oleh Belanda.

Berada di Parapat tentulah tidak lengkap jika tidak mencoba kulinernya yang bertebaran tak jauh dari hotel di Parapat tempat Anda meginap. Mungkin akan terasa aneh di lidah bagi Anda yang belum pernah memakannya. Namun bukan wisata kuliner dengan sentuhan lokal namanya kalau Anda tidak berani mencobanya.

Pizza Andaliman

merencanakan-liburan-di-parapat-kuliner

sumber foto: tribunnews.com

Masyarakat Toba Samosir memiliki pizza lokal yang terkenal dengan rasanya yang unik dan berbeda. Tidak seminimalis pizza Italia, Pizza Andaliman dibuat dengan rempah-rempah khas Asia yang sesuai dengan cita rasa Sumatera Utara. Anda bisa menikmati Pizza Andaliman dengan menggunakan saos khas andaliman yang memberikan aroma jeruk yang lembut dan wangi.

Sebagaimana lazimnya pizza, Pizza Andaliman juga memiliki aneka topping yang bisa dipilih mulai dari jenis daging hingga vegetarian. Dulunya, Pizza Andaliman hanya berada di Jl. TarutungToba Samosir namun kini sudah hadir di tempat musisi Tongam Sirait, Parapat, dengan slogannya yang terkenal yaitu ”Italian Style, Batak Taste”. Unik dan patut dicoba!

Ikan Arsik

merencanakan-liburan-di-parapat-ikan-arsiksumber foto: lifestyle.liputan6.com

Bagi pecinta ikan, Ikan Arsik adalah kuliner tradisional khas Toba yang sayang jika dilewatkan. Sajian ini kaya akan bumbu dan rempah yang sehat dan alami tanpa kandungan MSG. Penamaan “arsik” didasarkan pada proses memasaknya yakni di-marsik-kan atau dikeringkan. Dengan kata lain, Ikan Arsik dimasak terus-menerus sampai kuahnya kering hingga bumbunya terserap sempurna. Jika proses memasaknya benar, Ikan Arsik ini mampu bertahan dua harian.

Mie Gomak

merencanakan-liburan-di-parapat-mie-gomaksumber foto: citraindonesia.com

Hidangan mi yang satu ini cocok disajikan di kawasan Puncak Parapat yang cukup dingin. Anda bisa menikmatinya sambil menikmati pemandangan Danau Toba yang indah. Mie Gomak bisa dibilang sebagai spaghetti-nya masayarakat Batak. Namun seperti Pizza Andaliman, ia dimasak menggunakan bumbu khas andaliman yang lebih sesuai dengan cita rasa masyarakat setempat. Dengan campuran aneka sayur seperti kentang, buncis, dan lain-lain pada kuahnya yang bersantan, Anda akan mendapati Mie Gomak basah yang gurih dan sedikit pedas. Namun Anda juga bisa memesan Mie Gomak goring yang biasanya disajikan dengan sambal cabe rawit khas andaliman.

 Ikan Pora-pora

merencanakan-liburan-di-parapat-ikan-pora-porasumber foto: teknologi.news.viva.co.id

Ikan Pora-Pora biasanya dimasak dengan cara digoreng sehingga teksturnya yang renyah membuat ikan ini lebih nikmat untuk disantap. Rasanya gurih dan mantab. Anda bisa mencocol dagingnya dengan saus sambal atau mayo untuk mendapatkan rasa yang lebih maksimal. Ikan ini berdaging lezat dan bergizi tinggi yang menjadi makanan sehari-hari bagi masyarakat di sekitar Danau Toba. Anda  pun bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh dalam bentuk segar maupun kering.

Nah, sungguh menarik ya berwisata di Parapat? Jangan lupa untuk mengecek Hotel murah di Parapat jika Anda berencana untuk menginap. Memang belum ada hotel di Parapat yang berbintang lima namun tentu saja pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan dibuat khusus agar Anda merasa nyaman berada di Parapat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *